BEASISWA PEMERINTAH FEDERASI RUSIA 2018

Red Square, Moscow

Hi teman-teman,

Kali ini saya mau share informasi mengenai Beasiswa Pemerintah Federasi Rusia tahun 2018. Siapa disini yang berminat untuk kuliah di luar negeri terutama Rusia?

Nah, untuk mendapatkan informasi lengkap dan terupdate bisa pantengin terus Facebook resmi Pusat Kebudayaan Rusia : https://www.facebook.com/RCSCJakarta

Link Panduan Lengkap Pendaftaran Beasiswa Rusia 2018 bisa di download disini:
Link Panduan : https://goo.gl/DVqTRX
Link Formulir : https://goo.gl/z9Azd5

PERMIRA juga membuat grup chat Telegram untuk Informasi Beasiswa Rusia
Link : http://bit.ly/2Dm1NZi


PANDUAN PENDAFTARAN BEASISWA DARI PEMERINTAH FEDERASI RUSIA


     Setiap tahun, pemerintah Federasi Rusia membuka pendaftaran untuk program kuliah berbeasiswa di Rusia. Program beasiswa dibuka untuk jenjang S1 (5 tahun), S2 (3 tahun), Spesialis (6 tahun), dan S3 (5 tahun). Tahun pertama merupakan pendidikan mempelajari bahasa Rusia di Fakultas Persiapan.

     Beasiswa dari pemerintah Federasi Rusia hanya mencakup biaya studi dan tidak mencakup biaya lainnya. Biaya lainnya yang wajib dipenuhi oleh penerima beasiswa seperti pemrosesan dokumen, visa, tiket pesawat, biaya hidup, asrama, asuransi dan kebutuhan lainnya. Pemerintah Federasi Rusia memperbolehkan para penerima beasiswa untuk mencari sponsor (beasiswa tambahan) guna meng-cover biaya lainnya baik berasal dari instansi maupun perorangan.

     Pendaftaran beasiwa 2018, sepenuhnya dilakukan secara online melalui situs russia.study. Para pelamar dapat mendaftar melalui situs tersebut pada Januari 2018 (saat ini status situs masih berada pada posisi tahun administratif 2017). Guna membantu kelancaran pendaftaran serta memberi pemahaman para pelamar terhadap alur pendaftaran dan persyaratan administratif yang ditentukan oleh Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia (PKR) yang tidak tercantum dalam situs tersebut maka para pelamar diwajibkan untuk membaca buku panduan ini.

     Proses seleksi dilakukan oleh kedua belah pihak, yaitu PKR dan Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Federasi Rusia. Pelamar yang memenuhi persyaratan administratif akan dipanggil untuk tes wawancara di PKR Jakarta. PKR tidak menanggung biaya akomodasi para kandidat yang diundang untuk hadir mengikuti tes wawancara di PKR. Kandidat yang tidak segera menanggapi undangan wawancara ataupun tidak hadir pada waktu yang telah ditentukan akan dianggap gugur. Selama proses seleksi, kandidat dilarang untuk menanyakan hasil seleksi, bila itu dilakukan maka kandidat didiskualifikasi. Seluruh keputusan yang dikeluarkan oleh PKR merupakan keputusan mutlak dan tidak dapat digugat. Bagi para kandidat yang dinyatakan lolos seleksi keseluruhan dan mengundurkan diri maka tidak diperkenankan lagi untuk mendaftar pada periode selanjutnya. Namun bagi para kandidat yang telah mengikuti keseluruhan proses seleksi dan dinyatakan tidak lolos serta masih berminat untuk meraih beasiswa, diperkenankan lagi untuk melamar pada periode selanjutnya.

     Akhir kata, keseluruhan proses yang ditulis dalam buku panduan ini wajib untuk diikuti untuk mempermudah pendaftaran calon pelamar beasiswa Rusia. Seperti halnya dalam buku panduan lainnya, buku panduan ini tentu tidak luput dari kekurangan dalam berbagai bentuknya. Apabila link yang dicantumkan bermasalah atau lainnya silahkan layangkan surel ke epismajakarta@gmail.com. Selamat mendaftar!

~ Tim Beasiswa Pendidikan PKR Indonesia ~


TAHAP I KRITERIA KANDIDAT DAN PERSYARATAN DOKUMEN


1. Bagi pelamar S1/Spesialis, maksimal 3 tahun setelah lulus SMA/SMK, memiliki ijazah SMA/SMK dengan nilai UN rata-rata 7,7 atau nilai US rata-rata 8,0. Apabila pelamar belum memiliki ijazah atau belum lulus, tetap diizinkan mendaftar, dengan melampirkan scan raport semester 5 dengan nilai rata-rata 8,0. Bagi seluruh pelamar jenjang ini diharapkan melampirkan copy sertifikat akreditasi sekolah minimal B yang telah dilegalisir oleh sekolah.

2. Bagi pelamar S2, wajib telah lulus dan memiliki Ijazah S1/D4 serta transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif minimal 3,20. Bagi pelamar jenjang ini diwajibkan melampirkan copy sertifikat akreditasi program studi minimal B yang telah dilegalisir oleh fakultas.

3. Bagi pelamar S3, wajib telah lulus dan memiliki Ijazah S2 serta transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif minimal 3,20. Bagi pelamar jenjang ini diwajibkan melampirkan ijazah dan transkrip nilai S1 dan S2, serta copy sertifikat akreditasi program studi minimal B yang telah dilegalisir oleh fakultas.

4. Seluruh pelamar diwajibkan memiliki dan atau mempersiapkan: (1) paspor dengan masa habis berlaku tidak kurang dari April 2020; (2) 1 lembar resume medical certificate yang menyatakan bebas HIV/Aids, TBC, Hepatitis, dan sehat jasmani. Resume dikeluarkan oleh Rumah Sakit atau Klinik minimal Januari 2018 dalam redaksi Bahasa Inggris; (3) memiliki akte kelahiran; (4) pas foto berwarna 3x4 (5 lembar) dengan latar belakang putih; (5) identitas penjamin pelamar beasiswa (orangtua/wali/sponsor/dsb); (6) bukti prestasi dalam bidang olah raga atau olimpiade atau prestasi lainnya bertaraf nasional/internasional bila memiliki.

5. Scan seluruh dokumen di atas dengan format JPG/JPEG dengan ukuran 300-500kb.



Sumber : Facebook Pusat Kebudayaan Rusia

Silahkan mencoba teman-teman semua! всем удачи!

CONVERSATION

16 comments:

  1. Kak itu sertifikatnya yg taraf Nasional aja ya? Kalo provinsi gimana kak?

    ReplyDelete
  2. Salam. Kak itu persyaratan baru yah? Mau nanya jurusan oriental yang Bagus di mana? Adakah kelompok atau komunitas tmn2 yg studi di Rusia yang bisa kita join untuk nanya2 gitu..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      PERMIRA juga membuat grup chat Telegram untuk Informasi Beasiswa Rusia
      Link : http://bit.ly/2Dm1NZi

      Untuk tanya2 informasi seputar beasiswa bisa join di link diatas yaa. PERMIRA itu singkatan dari Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia.

      Delete
    2. Di instagram juga ada lho, PERMIRA, disitu banyak info mengenai kegiatan yg diadakan oleh mereka di Rusia

      Delete
  3. kak medical certificate klo udah bahasa indonesia gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus diterjemahkan ke dalam bahasa inggris atau rusia

      Delete
  4. kak sebenernya udah buka blom sih kak pliss jawabb

    ReplyDelete
  5. "Para pelamar dapat mendaftar melalui situs tersebut pada Januari 2018 (saat ini status situs masih berada pada posisi tahun administratif 2017)" kak ini maksudnya apa?? udah buka atau belum?? udah bisa daftar atau belum???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah bisa mulai daftar, silahkan pantengin terus di facebook Pusat Kebudayaan Rusia
      Link : https://www.facebook.com/RCSCJakarta

      atau join di grup chat Telegram PERMIRA untuk Informasi Beasiswa Rusia
      Link : http://bit.ly/2Dm1NZi

      Delete
    2. bahasa yang digunakan buat pendidikan mengunakan rusia atau inggris, mbak...

      Delete
  6. Wawancaranya pakai bahasa Inggris ya mbak?

    ReplyDelete
  7. wajib melampirkan sertifikat bahasa inggris nggk mbak??

    ReplyDelete
  8. "Apabila pelamar belum memiliki ijazah atau belum lulus, tetap diizinkan mendaftar, dengan melampirkan scan raport semester 5 dengan nilai rata-rata 8,0". Min, ini hanya nilai semester 5 atau nilai dari semester 1-5?

    ReplyDelete
  9. Kalau untuk 2019 ini gimana kak

    ReplyDelete

Back
to top